Bagaimana Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hotspot


Android Froyo 2.2 merupakan ponsel android pertama yang dapat berfungsi sebagai hotspot dan diikuti oleh versi-versi lanjutannya seperti Ginger Bread, Honey comb dan seterusnya. Sebenarnya, layanan ini tidak ada disemua ponsel. Anda hanya dapat mengaplikasikannya pada beberapa carrier seperti LG, Samsung, HTC, T&T, Motorola, T- Mobile dan Verizon. Jadi, ketika anda jauh dari koneksi Wi-Fi, anda dapat menjadikan ponsel anda yang ber platform android dari carrier diatas sebagai hotspot yang portabel. Dengan demikian, anda dapat membagi koneksi internet anda dengan peralatan lain seperti laptopl atau tablet. Hal ini mungkin sangat dibutuhkan ketika anda sedang dalam perjalanan.

Tahapan Mengaktivasi Hotspot


Berikut ini bagaimana cara mensetting ponsel android anda untuk menjadi semacam hotspot bagi gadget yang lain disekitarnya. Pertama, tekan secara berturut-turut menu “Home”, “Menu” dan “Settings” di ponsel anda. Kemudian klik opsi “Wireless & Networks” dan kemudian lanjutkan dengan “Tethering and Portable Hotspot”. Kemudian, cek opsi “Portable Wifi Hotspot”. Kemudian anda akan melihat symbol Wi-Fi pada panel status dan juga panel notifikasi yang mengindikasikan bahwa ponsel anda sedang memancarkan sinyal.

Tahapan berikutnya untuk membuat HP android sebagai hotspot, tekan opsi “Portable Wifi Hotspot Settings” dan kemudian dilanjutkan dengan “Configure Wifi Hotspot”. Ubahlah nama jaringan yaitu SSID, jika anda inginkan. Dibawah setting keamanan, pilihlah “WPA2 PSK” dan kemudian masukkan kata kunci untuk koneksi hotspot dari ponsel android anda. Jika anda menginginkan tingkat keamanan yang tinggi, pastikan kata kunci yang anda pilih adalah kombinasi dari berbagai huruf dan angka dengan atau tanpa capslock serta karakter yang cukup panjang. Hindari kata-kata yang mudah. kemudian simpan setting-an yang anda buat dengan mengklik “Save”.

Mengkoneksikan Peralatan Lain Dengan jaringan Hotspot
Tahapan selanjutnya, buka settingan Wi-Fi di komputer, laptop atau tablet anda. Lalu, pilihlah SSID yang sesuai dengan hotspot ponsel android anda. Masukkan kata kunci yang telah anda setting untuk mendapatkan koneksi dari jaringan baru hotspot ponsel. Setelah terkoneksi, anda dapat menikmati jaringan internet anda melalui peralatan tersebut. Jangan lupa, setelah menggunakan, tutup jaringan hotspot agar menghemat baterai. Caranya adalah dengan membuka menu “Setting Applications” dan kemudian meng-klik “Wireless & Networks” lalu disusul dengan “Tethering & Portable Hotspot”. Hilangkan tanda cek di “Portable Wi-Fi Hotspot”.

Tinggalkan Komentar: