Qualcomm Siap Meluncurkan Prosesor Terbarunya

Kita sudah sering melihat beberapa Smartphone yang beredar di Indonesia menggunakan Prosesor ini, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama Prosesor Snapdragon. Kecepatan dan kehebatan yang dimiliki prosesor dari Snapdragon 800 ini memang sudah banyak dikenal diseluruh dunia, bahkan banyak yang mengatakan performa yang dimiliki Prosesor Snapdragon ini sejajar bahkan dapat mengalahkan prosesor delapan inti hasil produksi Samsung.

Qualcomm Siap Meluncurkan Prosesor Terbarunya

Selain dari Prosesor Snapdragon 800 ini, Qualcomm juga mempunyai prosesor dual-core yang diberi nama Snapdragon 400 dan Prosesor quad-core yang mempunyai nama Snapdragon 600, dimana pada kedua prosesor ini menggunakan inti Krait 300. Ketiga Snapdragon tadi itu memang ditawarkan untuk melengkapi Ponsel pada kelas menengah ke atas, dan untuk merambah kelas “ekonomis” Qualcomm mempunyai Prosesor Snapdragon 200.

Kompetisi prosesor pada kelas low-end ini memang cukup ketat, terdapat produsen Mediatek yang merupakan saingan paling berat yang bermain pada segmen ini. Apalagi produsen Prosesor asal Cina ini akhir-akhir ini baru sukses merilis prosesor dengan mengusung quad-core dengan mengusung Cortex-A7. Andalan Mediatek ini ternyata membuat Prosesor Snapdragon 200 dengan Cortex-A5 yang dimiliki Qualcomm ini jadi tampak jadul, sehingga untuk meresponnya Qualcomm sengaja mengeluarkan enam prosesor terbaru agar menambah kelengkapan yang dimiliki oleh Snapdragon 200.

Tidak seperti saudaranya yang lain yang menggunakan inti Krait kustom, beberapa prosesor baru yang akan diluncurkan oleh Qualcomm ini bakal menggunakan desain standar yang dirilis oleh ARM sama seperti yang dilakukan Mediatek. Enam prosesor Qualcomm baru yang rencananya akan dihadirkan dengan quad-core dan dual-core yang akan diproses menggunakan teknologi fabrikasi 28 nm tidak seperti yang digunakan Snapdragon 200 yang masih menggunakan fabrikasi 45 nm.

Prosesor keluaran Qualcomm yang baru ini akan digunakan oleh tablet murah atau ponsel yang sudah mendukung jaringan 3G baik dual-SIM ataupun single-SIM. Selain dari itu, Snapdragon yang baru juga akan mendukung fitur dual camera dimana resolusi maksimum 8 Megapiksel yang dimiliki oleh kamera utama dan 5 Megapiksel oleh kamera depan. Sedangkan pada teknologi pemrosesan grafis bakalan didukung oleh GPU Adreno 302 paling baru yang oleh Qualcomm disebutkan sebagai GPU yang paling mempunyai kinerja terbaik pada saat ini. Tak hanya disediakan untuk Android, prosesor yang direncanakan bakal hadir pada akhir tahun 2013 ini akan kompatibel dengan OS Firefox dan Windows Phone.

Tinggalkan Komentar: