Virus Berkedok Donasi Amal di Facebook

Peneliti keamanan online mendapatkan varian baru malware citadel yang menginjeksikan dirinya ke halaman facebook. malware ini menyamar seperti iklan berdonasi palsu yang mengajak pengguna beramal buat anak-anak miskin. 

waspadalah, tak ada lembaga donasi anak-anak yang menghendaki dukungan lewat facebook. malware tersebut ibarat dikutip dari zdnet, rabu ( 25/7/2012 ), bertujuan mencuri info personal si pengguna. 

apabila pc telah terinfeksi, malware tersebut dengan cepat mau menambahkan dirinya ke facebook session ibarat nampak di bawah ini. 


nah, sehabis pengguna lakukan log in ke account facebook mereka, mekanisme injeksi citadel menampilkan pop up yang mengajak pengguna berdonasi sebesar usd 1 buat anak-anak yang membutuhkan dukungan kemanusiaan. kemudian, malware mau menanyakan nama, kartu kredit, tanggal batas berlaku kartu kredit serta password keamanan. 

yang buat serangan ini terbilang canggih merupakan, malware dikonfigurasi agar menggunakan teks scam tidak serupa bergantung negara serta bahasa yang dipakai. 

ini tidak pertama kalinya para pengguna facebook jadi target penyebaran scam. pastilah, dengan jumlah pengguna aktif kira-kira lebih 900 juta orang, facebook merupakan sasaran empuk pelaku kejahatan cyber melancarkan aksinya.

Tinggalkan Komentar: